Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib by Dian K


Judul : Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau Kakap Merah Ajaib

Penulis : Dian K

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : Cetakan Pertama, 23 Maret 2020 

Tebal : 32 Halaman 

ISBN : 9786232168961 

Rating : 4/5 🌟

Baca ebook Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib di aplikasi Gramedia Digital 


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib by Dian K:


Bujang dan adiknya hidup serba kekurangan sehingga Bujang berusaha keras untuk memenuhi segala kebutuhannya. 

Suatu hari, ketika Bujang menangkap seekor ikan, dia terkejut karena ikan itu bisa berbicara! Uniknya, ikan itu bisa mengabulkan permintaan. 

Bagaimana kehidupan Bujang selanjutnya? 


Dongeng Binatang 34 Provinsi terdiri dari 34 judul dengan tokoh binatang endemik dari seluruh provinsi di Indonesia. Terdapat fakta unik di masing-masing akhir cerita. 


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib:


Bujang dan adiknya tinggal di sebuah pelosok desa. Mereka hidup miskin dan mencari makan dari tanaman di kebun dan binatang buruan di hutan yang ada di sekitar mereka.

Suatu hari, makanan di rumah sudah habis dan yang tersisa hanyalah singkong saja. Bujang mencari makanan, namun tidak ada satupun binatang yang bisa Ia tangkap. Maka, ia pun mencari ikan di sungai dengan membuat keranjang ikan.

Saat Bujang menangkap ikan dan membawanya ke rumah, ikan tersebut ternyata bisa berbicara. Ikan itu minta dilepaskan dan sebagai gantinya ia akan memberikan permintaan apapun untuk Bujang.

Bujang pun minta makanan lezat terhidang di rumahnya. Sejak saat itu, Bujang sering mendapatkan keinginannya. Ia tinggal meminta pada ikan kakap merah yang berhutang budi padanya. 

Ikan kakap merah ajaib itu selalu berada di sungai dekat rumahnya sehingga Bujang bisa memanggilnya kapan saja. Saat dipanggil, ikan itu pun akan mewujudkan keinginan Bujang.

Suatu hari, bujang minta rumah yang indah, makanan yang lezat, harta yang berlimpah. Bahkan, ia minta 10 pelayan untuk membantu membersihkan rumahnya. 

Ikan itu pun terkejut dengan permintaan bujang. Namun, apa boleh buat. Ia pun harus mewujudkan keinginan tersebut karena ia sudah berhutang janji.

Ikan kakap merah pun akhirnya mewujudkan keinginan bujang. Namun, bujang dan adiknya menjadi pemalas sehingga seluruh pekerjaan dilakukan oleh pelayan. Mereka hanya makan dan tidur saja. Hingga menjadi gemuk dan sulit bergerak.


Kisah fabel ikan kakap merah asal Provinsi Riau


Suatu hari, tak ada makanan terhidang di atas meja. Hal ini membuat bujang dan adiknya panik. Mereka menuju sungai untuk melihat ikan kakap merah.

Tak disangka, ternyata ikan kakap merah sudah meninggal. Dengan meninggalnya ikan kakap merah itu, maka berakhir pula keajaiban yang terjadi dalam hidup bujang. 

Rumahnya menghilang dan berubah menjadi seperti semula. Hartanya tak tersisa satupun, kecuali rumah yang ia miliki sebelumnya

Kini bujang harus memulai hidup yang baru dari nol lagi. Ia harus mencari makan sendiri karena tidak ada makanan yang tersedia di dalam rumahnya. 


Melalui kejadian itu, bujang dan adiknya bisa belajar bahwa untuk meraih kesuksesan dalam hidup, mereka harus terus berusaha.


❤❤❤

Menurut saya :


Buku Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Ikan Kakap Merah ini berkisah tentang keajaiban yang terjadi karena bantuan ikan kakap merah yang sangat ajaib. 

Tokoh utama dalam buku anak ini adalah bujang dan adiknya, serta seekor ikan kakap merah ajaib. 

Masalah muncul saat bujang tidak mau bekerja setelah mendapatkan bantuan dari ikan kakap merah. 

Bujang menjadi pemalas dan sangat tamak karena ingin harta yang berlimpah. Ia juga ingin dikelilingi oleh para pelayan yang membantu mengurus rumahnya dan menyediakan makanan bagi keluarganya.

Sifat para tokohnya yaitu ikan kakap merah menepati janji dan memiliki hutang budi. Sedangkan, bujang yang awalnya rajin dan tekun, kini justru menjadi pemalas.

Hikmah yang bisa dipetik dari dongeng fabel ikan kakap merah ini adalah:


1. Rajin bekerja akan membuat kamu menggapai impian yang ingin diraih di masa depan.

2. Tidak boleh bergantung pada orang lain karena dirimu sendiri yang bisa menolongmu mencapai impian.

3. Menjadi kaya bukan berarti tidak mau bekerja dan malas-malasan karena bekerja adalah salah satu cara untuk menjadi manusia yang berdaya saing tinggi.

4. Kekayaan tidak bisa terus-menerus selamanya dipertahankan, maka kerja keras dan ketekunan pun harus dilakukan. Selain itu, kamu harus pandai menyimpan harta benda saat di masa kejayaan. Sehingga, saat musim paceklik tiba atau krisis keuangan melanda, maka kamu tetap bisa memiliki uang untuk hidup layak.

5. Bekerja keras dan hidup sehat adalah dua kombinasi yang sangat bagus bagi manusia. Karena tanpa menjaga kesehatan, manusia akan mudah sakit. Hal itu akan membuat manusia menjadi lebih cepat mati.

Nah, semoga bermanfaat ya! 




Perbedaan Fabel, Legenda (Cerita Rakyat) dan Dongeng antara lain :


Nah, apa perbedaan cerita rakyat dan dongeng? 


Dikutip dari web kids.grid.id, perbedaan cerita rakyat mengisahkan suatu kejadian di tempat atau asal muasal tempat. 

Sedangkan dongeng berfungsi menyampaikan ajaran moral yang mendidik dan menghibur.

Apa saja perbedaan legenda dan fabel? 

Cerita fabel termasuk dalam cerita fiksi, yang kisahnya bukan dari dunia nyata. Fabel termasuk dalam jenis dongeng atau kisah fiksi. 

Secara umum fabel adalah sebuah karangan yang menceritakan kehidupan binatang yang menyerupai perilaku manusia.

Para tokoh dalam cerita fabel adalah hewan dan latar yang berperilaku menyerupai manusia.

Cerita legenda termasuk dalam cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. 


Sumber foto : shopee bukupepita 

https://shopee.co.id/amp/Fabel-34-Provinsi-Kepulauan-Riau-Kakap-Merah-Ajaib-i.275793260.6346801855

Sumber tulisan : 


https://brainly.co.id/tugas/764722

https://kids.grid.id/read/473000041/mengenal-perbedaan-cerita-rakyat-dan-dongeng-materi-kelas-4-sd-tema-4?page=all


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan