Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib by Dian K


Judul : Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau Kakap Merah Ajaib

Penulis : Dian K

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : Cetakan Pertama, 23 Maret 2020 

Tebal : 32 Halaman 

ISBN : 9786232168961 

Rating : 4/5 🌟

Baca ebook Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib di aplikasi Gramedia Digital 


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib by Dian K:


Bujang dan adiknya hidup serba kekurangan sehingga Bujang berusaha keras untuk memenuhi segala kebutuhannya. 

Suatu hari, ketika Bujang menangkap seekor ikan, dia terkejut karena ikan itu bisa berbicara! Uniknya, ikan itu bisa mengabulkan permintaan. 

Bagaimana kehidupan Bujang selanjutnya? 


Dongeng Binatang 34 Provinsi terdiri dari 34 judul dengan tokoh binatang endemik dari seluruh provinsi di Indonesia. Terdapat fakta unik di masing-masing akhir cerita. 


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Kakap Merah Ajaib:


Bujang dan adiknya tinggal di sebuah pelosok desa. Mereka hidup miskin dan mencari makan dari tanaman di kebun dan binatang buruan di hutan yang ada di sekitar mereka.

Suatu hari, makanan di rumah sudah habis dan yang tersisa hanyalah singkong saja. Bujang mencari makanan, namun tidak ada satupun binatang yang bisa Ia tangkap. Maka, ia pun mencari ikan di sungai dengan membuat keranjang ikan.

Saat Bujang menangkap ikan dan membawanya ke rumah, ikan tersebut ternyata bisa berbicara. Ikan itu minta dilepaskan dan sebagai gantinya ia akan memberikan permintaan apapun untuk Bujang.

Bujang pun minta makanan lezat terhidang di rumahnya. Sejak saat itu, Bujang sering mendapatkan keinginannya. Ia tinggal meminta pada ikan kakap merah yang berhutang budi padanya. 

Ikan kakap merah ajaib itu selalu berada di sungai dekat rumahnya sehingga Bujang bisa memanggilnya kapan saja. Saat dipanggil, ikan itu pun akan mewujudkan keinginan Bujang.

Suatu hari, bujang minta rumah yang indah, makanan yang lezat, harta yang berlimpah. Bahkan, ia minta 10 pelayan untuk membantu membersihkan rumahnya. 

Ikan itu pun terkejut dengan permintaan bujang. Namun, apa boleh buat. Ia pun harus mewujudkan keinginan tersebut karena ia sudah berhutang janji.

Ikan kakap merah pun akhirnya mewujudkan keinginan bujang. Namun, bujang dan adiknya menjadi pemalas sehingga seluruh pekerjaan dilakukan oleh pelayan. Mereka hanya makan dan tidur saja. Hingga menjadi gemuk dan sulit bergerak.


Kisah fabel ikan kakap merah asal Provinsi Riau


Suatu hari, tak ada makanan terhidang di atas meja. Hal ini membuat bujang dan adiknya panik. Mereka menuju sungai untuk melihat ikan kakap merah.

Tak disangka, ternyata ikan kakap merah sudah meninggal. Dengan meninggalnya ikan kakap merah itu, maka berakhir pula keajaiban yang terjadi dalam hidup bujang. 

Rumahnya menghilang dan berubah menjadi seperti semula. Hartanya tak tersisa satupun, kecuali rumah yang ia miliki sebelumnya

Kini bujang harus memulai hidup yang baru dari nol lagi. Ia harus mencari makan sendiri karena tidak ada makanan yang tersedia di dalam rumahnya. 


Melalui kejadian itu, bujang dan adiknya bisa belajar bahwa untuk meraih kesuksesan dalam hidup, mereka harus terus berusaha.


❤❤❤

Menurut saya :


Buku Fabel 34 Provinsi Kepulauan Riau - Ikan Kakap Merah ini berkisah tentang keajaiban yang terjadi karena bantuan ikan kakap merah yang sangat ajaib. 

Tokoh utama dalam buku anak ini adalah bujang dan adiknya, serta seekor ikan kakap merah ajaib. 

Masalah muncul saat bujang tidak mau bekerja setelah mendapatkan bantuan dari ikan kakap merah. 

Bujang menjadi pemalas dan sangat tamak karena ingin harta yang berlimpah. Ia juga ingin dikelilingi oleh para pelayan yang membantu mengurus rumahnya dan menyediakan makanan bagi keluarganya.

Sifat para tokohnya yaitu ikan kakap merah menepati janji dan memiliki hutang budi. Sedangkan, bujang yang awalnya rajin dan tekun, kini justru menjadi pemalas.

Hikmah yang bisa dipetik dari dongeng fabel ikan kakap merah ini adalah:


1. Rajin bekerja akan membuat kamu menggapai impian yang ingin diraih di masa depan.

2. Tidak boleh bergantung pada orang lain karena dirimu sendiri yang bisa menolongmu mencapai impian.

3. Menjadi kaya bukan berarti tidak mau bekerja dan malas-malasan karena bekerja adalah salah satu cara untuk menjadi manusia yang berdaya saing tinggi.

4. Kekayaan tidak bisa terus-menerus selamanya dipertahankan, maka kerja keras dan ketekunan pun harus dilakukan. Selain itu, kamu harus pandai menyimpan harta benda saat di masa kejayaan. Sehingga, saat musim paceklik tiba atau krisis keuangan melanda, maka kamu tetap bisa memiliki uang untuk hidup layak.

5. Bekerja keras dan hidup sehat adalah dua kombinasi yang sangat bagus bagi manusia. Karena tanpa menjaga kesehatan, manusia akan mudah sakit. Hal itu akan membuat manusia menjadi lebih cepat mati.

Nah, semoga bermanfaat ya! 




Perbedaan Fabel, Legenda (Cerita Rakyat) dan Dongeng antara lain :


Nah, apa perbedaan cerita rakyat dan dongeng? 


Dikutip dari web kids.grid.id, perbedaan cerita rakyat mengisahkan suatu kejadian di tempat atau asal muasal tempat. 

Sedangkan dongeng berfungsi menyampaikan ajaran moral yang mendidik dan menghibur.

Apa saja perbedaan legenda dan fabel? 

Cerita fabel termasuk dalam cerita fiksi, yang kisahnya bukan dari dunia nyata. Fabel termasuk dalam jenis dongeng atau kisah fiksi. 

Secara umum fabel adalah sebuah karangan yang menceritakan kehidupan binatang yang menyerupai perilaku manusia.

Para tokoh dalam cerita fabel adalah hewan dan latar yang berperilaku menyerupai manusia.

Cerita legenda termasuk dalam cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. 


Sumber foto : shopee bukupepita 

https://shopee.co.id/amp/Fabel-34-Provinsi-Kepulauan-Riau-Kakap-Merah-Ajaib-i.275793260.6346801855

Sumber tulisan : 


https://brainly.co.id/tugas/764722

https://kids.grid.id/read/473000041/mengenal-perbedaan-cerita-rakyat-dan-dongeng-materi-kelas-4-sd-tema-4?page=all


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?