Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Hari Seru Kenari (Seri Aku Jadi Pemenang) by Stella Ernes

Buku dongeng cerita anak sd

Judul Buku : Hari Seru Kenari (Seri Aku Jadi Pemenang)

Penulis : Stella Ernes

Penerbit : Penerbit Kanisius

Terbit : Cetakan Pertama, 2018

Tebal: 27 halaman

Genre : picture book / buku anak

ISBN : 978-979-21-5609-6

Rating Buku : 5🌟

Harga buku : Rp. 29.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Hari Seru Kenari (Seri Aku Jadi Pemenang) by Stella Ernes


Flap, Flip, dan Flop berlomba mengumpulkan kenari. Yang berhasil paling banyak mendapatkan kenari, akan jadi pemenangnya. 

Sore harinya, mereka menghitung hasil masing-masing. 

Ternyata semua mengumpulkan kenari sama banyak! 

Kalau begini, siapa yang jadi pemenang, ya?


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Hari Seru Kenari (Seri Aku Jadi Pemenang) by Stella Ernes


Kala musim gugur tiba,  Flap, Flip, dan Flop bermain petak umpet di halaman rumah. Rumah itu terletak di dalam hutan. Ibu mengingatkan agar mereka berhati-hati saat berlarian karena ibu sedang mengumpulkan biji kenari.

Sebuah ide pun muncul. Flap, Flip, dan Flop pun berlomba mengumpulkan biji kenari untuk membantu ibu. 

Mereka bergegas mengumpulkan biji kenari satu per satu, lalu memasukkannya di keranjang. Setelah itu, mereka menghitung satu per satu biji kenari yang sudah diperoleh.

Nah, siapakah yang akan memenangkan pertandingan ini? Apakah Flip, Flap, atau Flop?

Ternyata jumlah biji kenari yang dikumpulkan sama banyaknya yaitu 15 biji kenari. Maka Ibu pun menengahi pertandingan itu.

Ibu mengatakan bahwa siapa yang membantunya untuk mengumpulkan biji kenari, maka dialah pemenangnya. Ibu juga mengatakan bahwa siapa yang menang akan mendapatkan kue yang lezat yang dibuat oleh ibu dari bahan biji kenari.

Tak disangka, ibu membuat kue berbahan biji kenari, lalu memotongnya menjadi 3 bagian yang sama. Masing-masing anak ibu mendapatkan satu porsi kue biji kenari.

Lalu, siapa yang memenangkan pertandingan?


Menurut saya : 

Buku anak berjudul Hari Seru Kenari berkisah tentang arti kemenangan bagi anak-anak. 

Penulis berusaha untuk menggambarkan bagaimana arti kemenangan yang sebenarnya, bahwa kita bisa sama-sama menang, meskipun menangnya bersama orang lain. Apalagi dalam cerita ini dikisahkan perlombaan yang dilakukan antar 3 bersaudara. 

Jadi, penulis menggambarkan bagaimana konsep menang bersama yang bisa dilakukan anak-anak. 

Flap, Flip, dan Flop sama-sama bekerja keras mengumpulkan biji kenari dalam jumlah yang sama banyaknya. Artinya, kemenangan mereka adalah menang seri. Karena jumlah biji kenari yang dikumpulkan sama. 

Lalu, ibu pun mengajari konsep menang bersama dengan memberikan reward brrupa kue kenari yang lezat dalam jumlah porsi yang sama besarnya. 

Yups, inti dari kisah buku anak ini adalah bagaimana anak-anak bisa belajar untuk menang bersama dengan orang lain, tanpa menjatuhkan satu sama lain atau bahkan melakukan kecurangan demi kemenangan. 

Jika setiap orang bisa menang, maka setiap orang juga bisa menang bersama, tanpa khawatir bersedih karena tidak menang. 

Win win solution yang dilakukan ibu bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak bahwa menang tak perlu harus menjatuhkan harga diri orang lain juga.

Overall, saya suka dengan buku anak ini, apalagi ilustrasinya sangat cantik khas kak Stella Ernes. 

Nah, selamat membaca ya! ❤


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies   Sist, do you watching the latest Korean drama? Could you give me some recommendation, please? Hmm, I don’t know. lately I am more into anime than K-drama. Well, the only K-drama I watching is Little Women on Netflix. I asked her recommendation because we have similar interest of drama. Even we don’t live together I found out we watched the same drama quite often. Sister bond, maybe? Lol. I asked that because she subscribes to Netflix on her smartphone.  However, the last time I subscribed to Netflix, I watched my favorite korean  drama Alchemy of Souls.