Langsung ke konten utama

5 Kegiatan Bermanfaat Di Bulan Puasa

5 Kegiatan Bermanfaat Di Bulan Puasa


Selama bulan Ramadan di tahun ini ada banyak kegiatan rutin Ramadan yang ingin dilakukan. Namun, ada 5 kegiatan bermanfaat di bulan puasa yang diantaranya pasti dipilih sesuai dengan prioritas ya. Hehe


Misalnya kegiatan yang saya ingin lakukan yaitu berkebun, baca buku favorit, mengaji al quran, memberi makan kucing kesayangan, dan bersih-bersih rumah.


Inilah 5 Kegiatan Bermanfaat Di Bulan Puasa Yang Bisa Dilakukan:


1. Berkebun di Taman Rumah


Sejak 2 tahun lalu, bagian teras rumah dikeramik dan di depan dibuat menjadi taman. Ada beberapa puluh pot dipasang di pinggir pagar. Tujuannya selain menjadi pagar, tanaman ini juga bisa menjadi penyejuk mata ya.


Gardening flower rose


Tanaman yang saya tanam antara lain : kaktus, bunga mawar, bunga melati, bunga wijaya kusuma, apalagi ya, saya lupa namanya. Wekeke. 


Ada beberapa jenis tanaman yang ditanam di rumah, awalnya sebagian besar tanaman memang ditanam oleh mama. Tapi ya... yang merawat tanaman sehari-hari tetap saya dong. 😅


2. Menekuni Hobi Baca Buku dan Menulis Resensi Buku


Hobi baca buku sudah saya lakukan sejak zaman sekolah dan kuliah. Kalau dulu saya pinjam buku dari teman sekolah, sekarang saya sudah bisa beli buku sendiri. Itu sebabnya saya pun mulai membuat blog resensi buku yang alamatnya ada di https://resensi.ilarizky.com


Nah... karena saya sudah punya blog resensi buku, jadi saya ada kewajiban untuk update postingan review buku di blog buku itu. Saya selalu berusaha untuk mengisi kontennya, meskipun nggak nggak rutin tiap hari ya. Hehe




Sekarang, buku yang akan saya baca di bulan Ramadan yaitu novel Pachinko, buku nonfiksi Mind Power For Our Time, novel Dollagoot/ Dallerguut karya Lee Mi Ye, buku Beli Karena butuh, novel So I Married The Antifan, novel Second Sister karya Chan Ho-kei, novel Pergi karya Tere Liye, dan novel Everything Everything. Totalnya ada 8 buku, semoga bisa saya tuntaskan baca selama Ramadan. Aamiin


3. Mengaji Al Qur'an


Mengaji al Qur'an bisa dimana saja, selagi kondisi badan bersih dan sudah mengambil air wudhu sebelum mengaji. Selain itu, seorang yang akan mengaji al quran juga wajib menutup auratnya. 


Nah, sejak ada kemudahan aplikasi al quran di android, saya jadi mudah mengaji di mana saja. 


Tinggal download aplikasi Al Quran digital, lalu saya baca ayatnya dan maknai arti terjemahannya juga. Mudah, kan? 


4. Memberi Makan Kucing Kesayangan


Memberi makan kucing kesayangan itu harus rutin dan sesuai dengan jam makannya 3 kali sehari.


Saya beli makanan kucing berupa makanan kering dan ada juga makanan basah yaitu ceker ayam, hati ayam, usus, dan dada ayam yang dimasak/ direbus di air panas. 


Setelah matang, sisihkan dan taruh ayam di mangkok plastik. Jika waktunya memberi makan tinggal sajikan secara bertahap dengan dipotong kecil-kecil. 


Selain ayam rebus, ada juga kaldu ayam yang bisa disajikan sebagai minuman tambahan, tapi pastikan kaldu ayam sudah agak dingin baru diberikan pada kucing ya.


5. Bersih-bersih Rumah


Bersihkan rumah biasanya dilakukan setiap hari tidak terkecuali saat bulan Ramadan. Kita sebaiknya membersihkan rumah juga. Kegiatan ini perlu dilakukan agar suasana selama Ramadan menjadi lebih nyaman dan tenang.

Nah... selain itu kegiatan bersih-bersih rumah juga bisa mendukung aktivitas kita agar lebih kondusif.

Nah, kalau kamu gimana? Apa saja kegiatan bermanfaat di bulan ramadhan yang dilakukan?


Postingan ini diikutsertakan dalam BPN Ramadan 2022 Hari ke-9


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?