Langsung ke konten utama

5 Tips Puasa Saat Pandemi Bagi Penderita Maag

Saat ini, kita puasa saat pandemi covid melanda dunia. Tahun ini adalah tahun ketiga kita berpuasa dalam suasana pandemi Covid-19. Puasa saat pandemi tentu saja memiliki tantangan tersendiri ya. Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti penyakit maag, harus berhati-hati menjaga pola makan.


Jika kamu ingin berpuasa penuh selama 30 hari di bulan Ramadan, maka pastikan asupan nutrisi yang dimakan adalah nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat akan membuat kita tetap bisa bersemangat dan kuat berpuasa.



5 Tips Puasa Saat Pandemi Bagi Penderita Maag :


1. Tidak makan pedas dan asam yang memicu asam lambung meningkat


Makanan yang pedas dan asam akan memicu asam lambung meningkat sehingga membuat kita tidak bisa berpuasa karena maag-nya kambuh. Nah, itulah sebabnya bagi penderita maag, jangan makan pedas dan asam saat buka puasa dan sahur ya. 

2. Mengonsumsi obat maag/ antasida jika penyakit maag kambuh


Bagi penderita penyakit maag dianjurkan untuk minum obat antasida seperti promaag. Minum obat maag 30 menit hingga 1 jam sebelum makan agar tidak memicu asam lambung saat makanan masuk ke dalam perut. 

3. Menghindari minum air teh dan kopi


Minum teh dan kopi juga menjadi pantangan bagi penderita maag. Itu karena akan memicu asam di dalam lambung. Jadi, minumlah air hangat saat sahur dan berbuka. Jangan minum teh dan kopi ya. Selain membuat asam lambung meningkat, hal ini juga dapat membuatmu mudah dehidrasi dan urin menjadi pekat. 

4. Tidak tidur setelah makan


Ada anjuran dari dokter untuk penderita maag, setelah makan sahur jangan langsung tidur lagi ya. Karena lambung butuh waktu 2 jam hingga kosong lagi. Itulah sebabnya, jika tidur setelah makan akan memicu asam lambung naik ke kerongkongan dan membuat mual dan muntah. Jika sangat mengantuk, tidurlah dalam posisi duduk agar asam lambung tidak naik lagi.

5. Tidur dalam posisi miring ke kiri


Sebenarnya, posisi tidur ideal manusia normal yang sehat adalah tidur hadap ke kanan. Tapi karena kondisi yang berbeda, maka puasa saat pandemi bagi penderita maag itu dianjurkan agar tidur menghadap ke arah kiri. Tujuannya agar posisi lambung tidak berada di bawah atau tertekan oleh berat badan kita.




Selain itu, minum air putih lebih banyak secara bertahap agar kondisi tubuh tidak rentan terkena dehidrasi. 

Semoga tips puasa saat pandemi bagi penderita maag ini bermanfaat ya! 

See you next post! 🥰


Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN Ramadan 2022 Hari Ke-2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?