Langsung ke konten utama

Lakukan 3 Hal ini Untuk Persiapan Puasa Pertama Ramadhan

Persiapan Puasa Pertama Ramadhan


Bulan Ramadhan datang, maka kebahagiaan telah tiba bagi setiap muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan. 

Kita telah menunggu datangnya bulan suci Ramadhan selama 11 bulan. Maka ini saatnya untuk memaksimalkan puasa ramadhan kita dengan menyiapkan ibadah yang terbaik agar pahalanya juga berlipat.


Puasa pertama ramadhan selalu menyenangkan karena kita semangat untuk menjalaninya. Puasa pertama juga menjadi titik awal mula bagi kita untuk menjalani puasa selama sebulan. Ibarat lari marathon, titik awal kita menentukan hasil akhir perlombaan. 


Ramadhan di turki
Suasana Ramadhan di Hagia Sophia, Turki (doc : twitter @JatIkhwan)


Nah, yuk lakukan 3 hal ini untuk persiapan puasa pertama Ramadhan:

Lakukan 3 Hal Untuk Persiapan Puasa Pertama Ramadhan:


1. Membuat Checklist di Buku Catatan Ibadah Ramadhan


Dulu saat sekolah, kita sering disuruh guru untuk mengisi buku catatan Ramadhan. Setelah dewasa, kita lupa bahwa mencatat di jurnal ibadah Ramadan ini akan membantu kita untuk mencapai target Ramadhan.

Jadi ada baiknya ketika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kita membuat catatan tersendiri untuk setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan. 

Misalnya: ada lembar checklist untuk shalat wajib, shalat tarawih, puasa ramadhan, shalat sunnah, sedekah, kajian sholat subuh, sholat tahajud, khatam baca al Qur'an, dzikir, dan lain-lain.

Checklist khatam baca albquran bulan ramadhan
Cara khatam al Qur'an di bulan Ramadhan


2. Menyiapkan fisik dan jiwa kita untuk berpuasa di bulan Ramadhan


Seorang muslim bisa menyiapkan fisik yang kuat dengan melakukan latihan puasa selama bulan Rajab dan Sya'ban, sebelum masuk bulan Ramadhan. 

Dua bulan sebelum Ramadhan itu bisa dianggap sebagai latihan agar saat Ramadhan kita sudah terbiasa puasa, selain itu juga bisa memaksimalkan ibadah lainnya, misalnya sudah sering rutinkan khatam al Qur'an setiap bulan.

Ibadah puasa Ramadhan adalah ibadah yang paling besar pahalanya, selain shalat, haji dan umrah. Seorang muslim wajib berpuasa Ramadhan, jadi puasa pertama ini juga sangat penting. 

Lakukan puasa pertama dengan semaksimal mungkin agar kita bisa terus menjalankan puasa dengan ikhlas.  Perhatikan apa saja penyebab puasa batal, agar kita bisa menghindarinya. Berpuasalah dengan sungguh-sungguh dan niat agar Allah menerima ibadah puasa tersebut.


Doa puasa ramadhan
Doa niat puasa Ramadhan


3. Persiapan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan


Selama bulan ramadhan ada banyak keistimewaan ibadah yang dicatat oleh malaikat. Salah satunya adalah shalat tarawih. 

Lakukan shalat tarawih selama sebulan penuh, agar pahala kebaikannya berlipat ganda karena kita melakukannya dengan konsisten. 

Selama 10 hari pertama biasanya semangat masih menyala. Sedangkan 10 hari di pertengahan, semangat beribadah sudah mulai kendor, dan 10 hari terakhir menjadi penentu apakah ibadah kita akan mencapai puncaknya, karena di 10 hari terakhir ada hadiah yaitu Lailatul Qadar bagi orang-orang yang terpilih.

Yuk, maksimalkan ibadah puasa kita di bulan Ramadhan. Semoga puasa pertama kita lancar hingga akhir bulan Ramadhan ya. 


Selamat berpuasa~ 🥰


Postingan ini diikutsertakan dalam BPN Ramadan 2022



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan