Langsung ke konten utama

Lakukan 3 Hal ini Untuk Persiapan Puasa Pertama Ramadhan

Persiapan Puasa Pertama Ramadhan


Bulan Ramadhan datang, maka kebahagiaan telah tiba bagi setiap muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan. 

Kita telah menunggu datangnya bulan suci Ramadhan selama 11 bulan. Maka ini saatnya untuk memaksimalkan puasa ramadhan kita dengan menyiapkan ibadah yang terbaik agar pahalanya juga berlipat.


Puasa pertama ramadhan selalu menyenangkan karena kita semangat untuk menjalaninya. Puasa pertama juga menjadi titik awal mula bagi kita untuk menjalani puasa selama sebulan. Ibarat lari marathon, titik awal kita menentukan hasil akhir perlombaan. 


Ramadhan di turki
Suasana Ramadhan di Hagia Sophia, Turki (doc : twitter @JatIkhwan)


Nah, yuk lakukan 3 hal ini untuk persiapan puasa pertama Ramadhan:

Lakukan 3 Hal Untuk Persiapan Puasa Pertama Ramadhan:


1. Membuat Checklist di Buku Catatan Ibadah Ramadhan


Dulu saat sekolah, kita sering disuruh guru untuk mengisi buku catatan Ramadhan. Setelah dewasa, kita lupa bahwa mencatat di jurnal ibadah Ramadan ini akan membantu kita untuk mencapai target Ramadhan.

Jadi ada baiknya ketika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kita membuat catatan tersendiri untuk setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan. 

Misalnya: ada lembar checklist untuk shalat wajib, shalat tarawih, puasa ramadhan, shalat sunnah, sedekah, kajian sholat subuh, sholat tahajud, khatam baca al Qur'an, dzikir, dan lain-lain.

Checklist khatam baca albquran bulan ramadhan
Cara khatam al Qur'an di bulan Ramadhan


2. Menyiapkan fisik dan jiwa kita untuk berpuasa di bulan Ramadhan


Seorang muslim bisa menyiapkan fisik yang kuat dengan melakukan latihan puasa selama bulan Rajab dan Sya'ban, sebelum masuk bulan Ramadhan. 

Dua bulan sebelum Ramadhan itu bisa dianggap sebagai latihan agar saat Ramadhan kita sudah terbiasa puasa, selain itu juga bisa memaksimalkan ibadah lainnya, misalnya sudah sering rutinkan khatam al Qur'an setiap bulan.

Ibadah puasa Ramadhan adalah ibadah yang paling besar pahalanya, selain shalat, haji dan umrah. Seorang muslim wajib berpuasa Ramadhan, jadi puasa pertama ini juga sangat penting. 

Lakukan puasa pertama dengan semaksimal mungkin agar kita bisa terus menjalankan puasa dengan ikhlas.  Perhatikan apa saja penyebab puasa batal, agar kita bisa menghindarinya. Berpuasalah dengan sungguh-sungguh dan niat agar Allah menerima ibadah puasa tersebut.


Doa puasa ramadhan
Doa niat puasa Ramadhan


3. Persiapan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan


Selama bulan ramadhan ada banyak keistimewaan ibadah yang dicatat oleh malaikat. Salah satunya adalah shalat tarawih. 

Lakukan shalat tarawih selama sebulan penuh, agar pahala kebaikannya berlipat ganda karena kita melakukannya dengan konsisten. 

Selama 10 hari pertama biasanya semangat masih menyala. Sedangkan 10 hari di pertengahan, semangat beribadah sudah mulai kendor, dan 10 hari terakhir menjadi penentu apakah ibadah kita akan mencapai puncaknya, karena di 10 hari terakhir ada hadiah yaitu Lailatul Qadar bagi orang-orang yang terpilih.

Yuk, maksimalkan ibadah puasa kita di bulan Ramadhan. Semoga puasa pertama kita lancar hingga akhir bulan Ramadhan ya. 


Selamat berpuasa~ 🥰


Postingan ini diikutsertakan dalam BPN Ramadan 2022



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?