Langsung ke konten utama

Lakukan 8 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Lakukan Tips Tetap Sehat di Musim Hujan


Saat musim penghujan tiba, banyak penyakit muncul seperti pilek dan flu. Namun, tahukah kamu bahwa flu berbeda dengan pilek? 


Jika pilek disebabkan oleh sekitar 200 virus, penyebab flu adalah virus influenza. 


Virus influenza akan menyerang sistem pernapasan keseluruhan, mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala flu umumnya akan bertambah parah secara bertahap, dalam 2-5 hari. 


Dibawain payung ama ayang


Berbeda dari pilek, gejala flu umumnya lebih berat, antara lain:


  • Badan menggigil
  • Nyeri otot sekujur tubuh
  • Demam tinggi selama 3-5 hari
  • Sakit kepala berat
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan parah (bisa terjadi 2 sampai 3 minggu)
  • Mual dan muntah, terutama pada anak-anak


Nah, saat musim penghujan, orang seringkali mengalami flu berkepanjangan sepanjang musim berlangsung. Meskipun flu hanya perlu istirahat tanpa minum antibiotik, namun kita bisa tetap sehat saat musim hujan jika menerapkan 8 hal ini. Simak ya!


Nah, agar tetap sehat, yuk ikuti tips musim hujan berikut ini:


1. Selalu membawa payung atau jas hujan

Saat musim hujan tiba, hujan turun hampir setiap waktu, bahkan langit siang yang terik bisa berubah mendadak menjadi rintik hujan yang menderas, karena perubahan cuaca kini sangat ekstrim. 


Aku masih ingat sedang membeli barang di Indomaret, lalu saat aku masuk ke dalam ruangan dan sedang memilah barang, tiba-tiba hujan pun tiba. Beruntung kali ini langit tidak hujan sederas biasanya, jadi aku masih bisa pulang meskipun hujan rintik. 


Itu sebabnya membawa payung sangat diperlukan agar tidak terjebak hujan-hujanan di waktu yang salah.


Sayur sop bening


2. Konsumsi susu dan makanan sehat bergizi


Konsumsi makanan sehat dan bergizi sangat diperlukan bagi tubuh. Bagi yang mudah sakit, perlu menambah protein dan sayur agar porsi makanan seimbang. 


Susu jahe rempah
Golden milk


Selain itu, minum susu juga perlu agar tubuh tetap fit. Kalau aku menyarankan minum susu kurma, susu jahe, golden milk, maupun susu almond. Susu baik untuk kesehatan dan kepadatan tulang.


3. Cuci tangan dengan sabun


Cuci tangan dengan sabun berguna agar kita terhindar dari virus, bakteri dan kuman. Apalagi musim hujan sering membuat udara jadi lebih lembab dan terasa tidak nyaman saat peralihan musim.


Cucilah tangan dengan sabun, dengan metode yang benar yaitu menggosokkan sabun ke jari tangan, sela-sela jari tangan, bahkan bagian punggung tangan dan telapak tangan. Bersihkan kotoran yang ada di ujung kuku agar tangan bersih.


Nah, selain itu, perlu juga mengunakan sabun antiseptik yang memiliki kandungan Povidone Iodine 7.5% setelah beraktivitas di luar rumah dan kondisi lain dengan risiko terpapar virus. Sabun antiseptik Betadine dengan kandungan Povidone Iodine dapat membunuh kuman dalam waktu 30 detik.


4. Minum air hangat


Minum air hangat membantu tubuh kita tetap sehat. Pasalnya, kita bisa membantu melapisi tenggorokan dengan air hangat. Dengar-dengar, minum air hangat mengaktifkan lapisan mukosa di tenggorokan juga lho.


5. Minum teh dari rempah-rempah


Saat musim hujan, tubuh jadi mudah lelah dan terkena virus influenza (flu). Jadi, ada baiknya selain kita rutin mengecek prakiraan cuaca di smartphone sebelum bepergian, kita juga bisa memaksimalkan manfaat dari tanaman rempah-rempah agar tubuh tetap sehat. 


Caranya dengan minum air rebusan jahe merah (jahe khusus jamu), sereh (serai), kapulaga, cengkeh, potongan kayu manis, dan irisan jeruk lemon. 


Jahe hangat dan madu


Nah... biasanya aku menambahkan air rebusan rempah-rempah tersebut dengan gula jawa, maupun madu agar lebih nikmat diminum dalam kondisi hangat.


6. Menjaga kebersihan dan sirkulasi udara di rumah


Dulu waktu aku sekolah SMP kelas 2, aku pernah sakit asma. Rasanya tiap tahun pasti ada aja pemicu penyakit ini kambuh. Ternyata, setelah ditelusuri, sakit asma bisa kambuh karena sirkulasi udara di rumah yang banyak debu, terpapar asap rokok, dan mengalami stress.


Aku naik sepeda jarak jauh dari rumah ke sekolah pulang pergi setiap hari. Hal ini membuatku mudah terpapar polusi dan debu. Selain itu stress karena pelajaran dan bullying juga membuatku jadi mudah panik. 




Cara agar sirkulasi udara di rumah selalu sehat dengan memaksimalkan ventilasi udara di rumah. Rumah yang kotor dan pengap dapat meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas, seperti asma yang aku alami.


7. Konsumsi Vitamin C 


Mengkonsumsi vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. Sslain membantu kita untuk tetap sehat, juga dapat meminimalisir terkena paparan polusi dan penyakit yang muncul di musim penghujan. 


Untuk melegakan tenggorokan bisa pakai Betadine Lozenges yang dijual di apotik. Selain praktis, juga bisa digunakan dimana saja.



Betadine longelez

8. Bersihkan Hidung dengan Nasal Spray


Pakai Nasal Spray Betadine dengan kandungan bahan Carragelose pada anak dan dewasa yang menderita flu yang disebabkan oleh virus, dapat mengurangi durasi penyakit.





Selain itu, kamu juga bisa mengurangi gejala kambuh dengan semprot hidung pakai nasal spray Betadine. 


Kamu bisa membeli produk Betadine di web https://betadine.co.id/


Nah, semoga bermanfaat ya!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan