Langsung ke konten utama

Lakukan 8 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Lakukan Tips Tetap Sehat di Musim Hujan


Saat musim penghujan tiba, banyak penyakit muncul seperti pilek dan flu. Namun, tahukah kamu bahwa flu berbeda dengan pilek? 


Jika pilek disebabkan oleh sekitar 200 virus, penyebab flu adalah virus influenza. 


Virus influenza akan menyerang sistem pernapasan keseluruhan, mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala flu umumnya akan bertambah parah secara bertahap, dalam 2-5 hari. 


Dibawain payung ama ayang


Berbeda dari pilek, gejala flu umumnya lebih berat, antara lain:


  • Badan menggigil
  • Nyeri otot sekujur tubuh
  • Demam tinggi selama 3-5 hari
  • Sakit kepala berat
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan parah (bisa terjadi 2 sampai 3 minggu)
  • Mual dan muntah, terutama pada anak-anak


Nah, saat musim penghujan, orang seringkali mengalami flu berkepanjangan sepanjang musim berlangsung. Meskipun flu hanya perlu istirahat tanpa minum antibiotik, namun kita bisa tetap sehat saat musim hujan jika menerapkan 8 hal ini. Simak ya!


Nah, agar tetap sehat, yuk ikuti tips musim hujan berikut ini:


1. Selalu membawa payung atau jas hujan

Saat musim hujan tiba, hujan turun hampir setiap waktu, bahkan langit siang yang terik bisa berubah mendadak menjadi rintik hujan yang menderas, karena perubahan cuaca kini sangat ekstrim. 


Aku masih ingat sedang membeli barang di Indomaret, lalu saat aku masuk ke dalam ruangan dan sedang memilah barang, tiba-tiba hujan pun tiba. Beruntung kali ini langit tidak hujan sederas biasanya, jadi aku masih bisa pulang meskipun hujan rintik. 


Itu sebabnya membawa payung sangat diperlukan agar tidak terjebak hujan-hujanan di waktu yang salah.


Sayur sop bening


2. Konsumsi susu dan makanan sehat bergizi


Konsumsi makanan sehat dan bergizi sangat diperlukan bagi tubuh. Bagi yang mudah sakit, perlu menambah protein dan sayur agar porsi makanan seimbang. 


Susu jahe rempah
Golden milk


Selain itu, minum susu juga perlu agar tubuh tetap fit. Kalau aku menyarankan minum susu kurma, susu jahe, golden milk, maupun susu almond. Susu baik untuk kesehatan dan kepadatan tulang.


3. Cuci tangan dengan sabun


Cuci tangan dengan sabun berguna agar kita terhindar dari virus, bakteri dan kuman. Apalagi musim hujan sering membuat udara jadi lebih lembab dan terasa tidak nyaman saat peralihan musim.


Cucilah tangan dengan sabun, dengan metode yang benar yaitu menggosokkan sabun ke jari tangan, sela-sela jari tangan, bahkan bagian punggung tangan dan telapak tangan. Bersihkan kotoran yang ada di ujung kuku agar tangan bersih.


Nah, selain itu, perlu juga mengunakan sabun antiseptik yang memiliki kandungan Povidone Iodine 7.5% setelah beraktivitas di luar rumah dan kondisi lain dengan risiko terpapar virus. Sabun antiseptik Betadine dengan kandungan Povidone Iodine dapat membunuh kuman dalam waktu 30 detik.


4. Minum air hangat


Minum air hangat membantu tubuh kita tetap sehat. Pasalnya, kita bisa membantu melapisi tenggorokan dengan air hangat. Dengar-dengar, minum air hangat mengaktifkan lapisan mukosa di tenggorokan juga lho.


5. Minum teh dari rempah-rempah


Saat musim hujan, tubuh jadi mudah lelah dan terkena virus influenza (flu). Jadi, ada baiknya selain kita rutin mengecek prakiraan cuaca di smartphone sebelum bepergian, kita juga bisa memaksimalkan manfaat dari tanaman rempah-rempah agar tubuh tetap sehat. 


Caranya dengan minum air rebusan jahe merah (jahe khusus jamu), sereh (serai), kapulaga, cengkeh, potongan kayu manis, dan irisan jeruk lemon. 


Jahe hangat dan madu


Nah... biasanya aku menambahkan air rebusan rempah-rempah tersebut dengan gula jawa, maupun madu agar lebih nikmat diminum dalam kondisi hangat.


6. Menjaga kebersihan dan sirkulasi udara di rumah


Dulu waktu aku sekolah SMP kelas 2, aku pernah sakit asma. Rasanya tiap tahun pasti ada aja pemicu penyakit ini kambuh. Ternyata, setelah ditelusuri, sakit asma bisa kambuh karena sirkulasi udara di rumah yang banyak debu, terpapar asap rokok, dan mengalami stress.


Aku naik sepeda jarak jauh dari rumah ke sekolah pulang pergi setiap hari. Hal ini membuatku mudah terpapar polusi dan debu. Selain itu stress karena pelajaran dan bullying juga membuatku jadi mudah panik. 




Cara agar sirkulasi udara di rumah selalu sehat dengan memaksimalkan ventilasi udara di rumah. Rumah yang kotor dan pengap dapat meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas, seperti asma yang aku alami.


7. Konsumsi Vitamin C 


Mengkonsumsi vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. Sslain membantu kita untuk tetap sehat, juga dapat meminimalisir terkena paparan polusi dan penyakit yang muncul di musim penghujan. 


Untuk melegakan tenggorokan bisa pakai Betadine Lozenges yang dijual di apotik. Selain praktis, juga bisa digunakan dimana saja.



Betadine longelez

8. Bersihkan Hidung dengan Nasal Spray


Pakai Nasal Spray Betadine dengan kandungan bahan Carragelose pada anak dan dewasa yang menderita flu yang disebabkan oleh virus, dapat mengurangi durasi penyakit.





Selain itu, kamu juga bisa mengurangi gejala kambuh dengan semprot hidung pakai nasal spray Betadine. 


Kamu bisa membeli produk Betadine di web https://betadine.co.id/


Nah, semoga bermanfaat ya!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?