Langsung ke konten utama

Cara Blogger Mengelola Blognya: Monetize Blog vs Santuy Blog, Pilih Mana Ya?

Pilih monetize blog atau santuy blog?


Kalau ditanya tujuan ngeblog buat apa? Pilih monetize blog atau santuy blog ya? 


Saya mau menjawab, pilih keduanya kenapa nggak? 


Nah, kalau kamu penasaran gimana cara blogger menghasilkan uang melalui monetize dan gimana cara blogger menjalankan blog dengan santuy, simak ulasannya di sini ya! 


Cara mendapatkan uang dari blog



Inilah 2 Cara Blogger Mengelola Blognya :


1. Monetize Blog ala Internet Marketer, Prize Hunter, dan Peternak Blog


Saat tren ngeblog sudah mulai ramai, kini blogging sangat diminati banyak orang, bahkan beragam blog dengan domain berniche pun diperjualbelikan di grup Facebook. Mulai dari harga jual beli blog kisaran puluhan jutaan sampai ratusan juta. 


Saya pernah dengar ada blogger yang menjual blognya pada orang lain dengan harga minimal 10 x gaji bulanan dari Google Adsense. 


Misal : 1 kali gajian 5 juta. Kalikan saja 10 kali Payout Google Adsense, berarti minimal dijual dengan harga 50 jt. 


Baca juga: Cara Menambahkan Rekening Bank Lokal ke akun Google Adsense




Ada juga blogger yang menjual blog dengan hitungan tergantung jumlah total trafik, jumlah artikel yang telah terbit, jumlah backlink, dan angka DA/PA (domain authority dan page authority).


Yang jelas, tren menghasilkan uang dari blog kini sudah sangat menjanjikan. Meskipun masih kalah dengan nominal gajian dari Adsense Youtube, tapi selama orang masih mencari informasi dari Google, peluang untuk mendapatkan uang dari blog masih terbuka lebar. 


Baca juga: [Tips Blogging] Inilah 13 Cara Membuat Blog Mini Penghasilan Maksimal


Selain dari Google Adsense itu, blogger juga bisa mendapatkan uang dari blog melalui cara : jual beli backlink, menerima penawaran placement content, menulis review produk brand di blog, reportase event online maupun offline baik dari brand maupun kementrian, ikut affiliate marketing brand seperti Shopee, Tokopedia, Agoda, dll.


Selain itu, blogger juga bisa mendapatkan uang dari ikut lomba blog yang diadakan brand ternama, kantor kementrian, maupun perusahaan besar. Well... Biasanya semakin besar hadiah blog yang didapat, effortnya juga semakin besar. 


Ya, bayangkan saja, kamu harus bersaing dengan ribuan orang untuk memikat hati juri melalui tulisan yang kamu tulis. Jika kamu beruntung, hadiah jutaan rupiah menantimu. 


Selain mendapat uang melalui lomba blog yang dinilai juri, ada juga lomba blog berbasis SEO yang dinilai dari peringkat teratas di mesin pencari Google. Jika blog tersebut terindeks di halaman pertama Google, maka akan mendapatkan peringkat teratas dan menjadi pemenang. 


Banyak blogger yang mengikuti lomba blog SEO demi mendapatkan uang yang besar. Pasalnya hadiahnya tak main-main lho. Bisa sampai 5-25 juta/artikel. 


Ya... Bahkan ada juga brand yang membolehkan blogger ikut lomba blog SEO dengan beberapa link blog, jadi peluang menang pun jadi lebih besar. Selain itu, bisa dapat dobel juga kalau terpilih di peringkat lainnya. Jadi, asyik kan? 


Saya pernah melihat ada blogger yang ikut terpilih sebanyak 3 blog dalam lomba SEO. Nominal hadiahnya kalau ditotal bisa lebih 20 jt an. Wow! Mantap ya!


Untuk mendapatkan uang dari blog, kamu bisa daftar di agensi berikut ini : rajabacklink.com, mediabacklink.com, blogpartner.id, vira.id, intellifluence.com, grup Facebook SMSC, Sociolla Blogger Network, Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, BloggerHub, BloggerCrony, ISB, Blogger Plus, Grup Blogger Ruang Tunggu (BRT), maupun aplikasi Hiip.id.


2. Ngeblog Santuy : Curhat di Blog ala Raditya Dika


Ngeblog santuy di blog sendiri? Kenapa nggak? 


Dulu sebelum era monetize blog, para blogger masih sering curhat di blog. Mau curhatan random, alay, serius, sampe yang bikin pusing sekalipun, ada dong! Hehe. Blog udah kayak diary buat nulisin semua perasaan yang ada di dalam hati. 


Raditya dika blogger profil


Buatku, blog juga berfungsi sebagai diary online. Ya, anggap aja aku lagi cerita sama teman dunia maya, lalu mereka mendengarkan ceritanya dari awal sampai akhir. Meskipun curhatan di blog, aku berusaha tidak menyebutkan nama orang saat menulis kisahnya. 


Yap... Selain menghindari konflik dengan orang, aku juga berharap cerita tersebut hanya untuk menyalurkan emosi saja, bukan untuk menyindir orang lain. 


Jadi kalau ada yang merasa tersinggung, duh, santai sayang. Semua orang berhak bercerita di blog, tapi kamu nggak perlu memasukkan semua isi cerita tersebut dalam pikiranmu. Namanya pikiran random yaa. Kadang kisah yang terlintas di kepala itulah yang ditulis. 


So, mari menulis di blog dengan gaya bercerita masing-masing. Baik yang ngelawak seperti Raditya Dika, maupun curhatan serius ala Mamah Dedeh, semuanya punya peluang untuk mendapatkan pembaca yang tepat. 


Kadang cerita curhatan pun punya banyak peminatnya karena pembaca merasa terbantu dengan cerita tersebut. Yaa... Seperti saat aku curhat tentang isi pulsa dari internet banking BCA. Pulsanya tak kunjung masuk tapi saldo rekeningnya kepotong. Artinya ada sistem banking BCA yang error. Itulah alasan kenapa aku menulis curhatan pengalaman di blog ini. Siapa tahu ada pembaca yang terbantu dari kisahku tersebut. 


Baca juga: Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal


Kalau kamu gimana? Nulis di blog dengan mode monetize blog atau santuy blog? Share pendapatmu di kolom komentar ya! 🥰


Postingan ini diikutsertakan dalam 

BPN Ramadan 2022 hari ke-15


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?