Langsung ke konten utama

4 Pekerjaan Freelancer yang Memperkaya Pengalaman Hidupku

Sekarang kerja di mana?


Pertanyaan ini bakal bikin saya jadi tanda tanya, karena enggak tau mau jawab apa. Haha

Kalau mau jujur, saya bakal jawab sebagai freelancer saja. Soalnya lebih gampang ngomong freelancer atau wiraswasta di KTP. 

Sedangkan, ketika ngobrol sama teman, saya lebih suka ngomong kalau saya ini blogger. 

Emang kerjaan blogger itu apa ya?


Masuk Museum Purbakala di Kab. TEGAL


Banyak sih nggak cuma nulis doang. Tapi juga ada banyak hal seperti membuat artikel yang lebih bernas dan bisa menghasilkan pageview yang banyak, selain itu juga masuk pageone Google. 🥰


Nah, sebenarnya ada pekerjaan yang lain yang dulu pernah saya kerjakan yaitu: 


Inilah 4 Pekerjaan Freelancer yang Memperkaya Pengalaman Hidupku:


1. Travel Tour Guide 

Menurutku menjadi travel tour guide merupakan salah satu pengalaman yang paling berharga karena membuat saya jadi tahu seluk beluk tentang travel agent dan juga dunia travel. Kelak pekerjaan inilah yang membantuku saat menulis catatan perjalanan di blog dan menjadi travel blogger  

Pekerjaan ini saya lakukan pada tahun 2010. Saat itu, saya masuk perusahaan Khatulistiwa Tour and Travel yang ada di Semarang. Kerjanya sebagai marketing dan travel tour guide yang nemenin anak sekolah liburan pakai bus travel. 

Yups, pengalaman sebagai travel tour guide membuat saya mudah menulis catatan perjalanan dan membuat rincian itinerary yang bisa digunakan oleh orang lain di travel blog Itulah sebabnya saya bisa mengatakan bahwa pengalaman menjadi travel tour guide sangat berkesan bagi saya. 




Kadang dalam perjalanan tour, ada saja pengalaman istimewa yang tak terlupakan. Seperti : harus menghandle masalah di jalan.

Misalnya : saat ada anak kecil yang pengen pipis di tepi jalan, ada yang kehilangan tasnya dan saya harus ikut cari sampai muterin kota Salatiga sebanyak 3 kali, pernah bertemu preman di Jogja yang berusaha masuk ke dalam bus travel, tempat wisata sudah tutup karena terjebak macet dan harus cari alternatif wisata lain, dan pengalaman lainnya.



2. Jualan Produk Melalui Marketplace 

Pernah berjualan melalui marketplace? Ya, OLX dan DinoMarket adalah platform marketplace untuk jualan di tahun 2010-an. Saat itu belum banyak orang yang menjual barangnya di toko online.

Kini, sudah banyak online shop seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli dan lain-lain yang membuat kita lebih mudah membeli barang secara online.

Wah, nggak terasa sekarang eranya digital ya, padahal dulu tahun 2010 belum banyak orang yang kenal bagaimana cara jualan di marketplace. Betapa cepatnya waktu berlalu, kini pengalaman jual beli di marketplace telah berubah dalam 12 tahun terakhir ini.

Kalau kamu gimana? Pernah jualan di marketplace juga nggak?


Prinsip kerja ala orang Jepang - Ikigai


3. Validasi Data Di BPS Saat Sensus Penduduk 2010

Tahun 2010, saya pernah masuk sebagai tim validasi data untuk Sensus Penduduk 2010 di BPS provinsi Jawa Tengah .

Saat itu, saya kebagian jatah sebagai tim validator dengan gaji pertama sebesar 1,9 jt untuk pengerjaan data dilakukan dalam 2 minggu. 

Saya pun pernah mendapat gaji sekitar 4-5 jt an dalam 1 bulan. Kerjaan tim ini berbasis project menyesuaikan data yang masuk dan divalidasi. Projectnya mulai bulan Maret hingga Agustus. Jadi, cukup lama ya. 

Namun seiring berjalannya waktu karena di tim bagian validasi cepat melakukan kerjanya, sedangkan tim lainnya agak lambat, akhirnya kami di-rolling untuk mengerjakan tugas lainnya. Seperti memperbaiki hasil scanning kertas data survei yang tidak terbaca dan juga menghitung dan mengolah data yang ada. 

Anyway, survey Sensus Penduduk BPS ini dilakukan setiap 10 tahun sekali. Jadi saya merasa beruntung ikut dilibatkan dalam project ini. 

Kebab turki baba rafi
Kebab Turki Baba Rafi yang enak banget


4. Reporter Event Offline 

Saya beberapa kali menerima pekerjaan sebagai reporter event offline, as a blogger.

Salah satunya adalah event PPI 2015 yang membuat saya bisa bertemu dengan mba Nilam Sari, pemilik/owner franchise Kebab Baba Rafi

Saat itu, saya harus meliput PPI 2015 di Surabaya, selain itu juga ada event Pekan Batik Nusantara di Pekalongan di Hari Batik.



Penabuh Gamelan Jawa di Pekan Batik Nusantara


Ada juga event Ngopi Bareng KAI yang membuat saya bertemu dengan banyak barista se-Jawa. 


Saat Meliput Event Ngopi Bareng KAI


Selain itu, saya bisa melakukan perjalanan antara kota Tegal - Jakarta selama satu hari penuh dengan kereta dan diberi surat bebas masuk gerbong kereta manapun oleh kantor KAI. 

Setelah bertugas, saya langsung kembali ke stasiun Tegal lagi dan melihat para barista membuat berbagai kreasi coffee latte art yang menakjubkan. 




Menyenangkan bisa melihat berbagai macam orang, dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. 

Ya... itu sebabnya saya lebih menyukai pekerjaan freelance karena membuat saya bertemu dengan berbagai pengalaman yang menakjubkan dan memperkaya hidup. 


Nah, kalau kamu gimana? Pernah melakukan pekerjaan apa saja yang mengesankan? Share dong di komentar. Hehe


Postingan ini diikutsertakan dalam 

BPN Ramadan 2022 hari ke-18



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.