Langsung ke konten utama

3 Cara Agar Hobi Membaca Buku Bisa Bikin Kamu Dapat Uang

 3 Cara Agar Hobi Membaca Buku Bisa Bikin Kamu Dapat Uang


Pernahkah kamu berpikir tentang hobi yang bisa menghasilkan uang? Ya, hobi yang ditekuni bisa juga menghasilkan uang lho. Nggak hanya relasi yang terjalin, tapi juga uang akan datang dengan sendirinya jika kita bisa memanfaatkan hobi tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan. 





Hobi membaca buku juga bisa menghasilkan cuan lho. Dalam artikel ini, saya akan membahas 3 Cara Agar Hobi Membaca Buku Bisa Bikin Kamu Dapat Uang ya. Semoga postingan ini bermanfaat!


Komik na heedo



3 Cara Agar Hobi Membaca Buku Bisa Bikin Kamu Dapat Uang


1. Book Youtuber 


Saat ini, hobi membaca juga bisa membuat orang mendapatkan uang. Di era digitalisasi sekarang, kita bisa mendapatkan uang dari apapun yang ditekuni dengan serius. Seperti halnya hobi membaca buku. 


Jika kamu suka membaca buku, kamu bisa membat review buku bacaanmu dalam bentuk book youtuber alias booktuber. Ya, booktuber ini sangat diminati oleh penggiat literasi. Pasalnya, orang lebih suka mendengarkan cerita orang lain lewat channel Youtube. Review buku yang dibuat di Youtube channel juga bisa dibuat dalam durasi yang pendek. Misalnya 10-15 menit untuk 1 judul buku. 




Review buku yang dibuat dalam bentuk video akan memudahkan kita untuk menyampaikan pesan, baik isi cerita, kesan/opini, dan saran seputar buku tersebut lewat video. Jika video youtube itu bisa menjangkau banyak audience, maka pereview bisa mendaftarkan Youtube tersebut melalui Youtube partnership dan akan mendapatkan uang dari gaji Google Adsense. Selain itu, pereview buku juga akan mendapat buku gratis dari kerjasama dengan penerbit atau penulis. 




Nah, sudah tahu kan gimana caranya agar bisa mendapatkan uang dengan menjadi book youtuber. Kalau kamu gimana? 


2. Book Narator 


Book Narator juga saat ini sedang digandrungi lho. Sejak maraknya audiobook di aplikasi semacam Storytel, Scribd, dan Noice, maka banyak narator yang dibutuhkan untuk membacakan buku yang dipilih oleh penebit. 




Book narator akan membacakan buku tersebut dengan jumlah halaman disesuaikan dengan kemampuan. Misal, 1 buku setebal 300 halaman akan memakan waktu 6-10 jam untuk membacanya. Jika narator kesulitan untuk membacakannya sendirian, maka naratos bisa dibagi menjadi dua orang. Hal ini akan memudahkan mereka untuk menyelesaikan project book narator tersebut. 


3. Book Reseller 


Mau beli buku harga murah banget? Kenapa nggak jadi reseller penerbit aja? Yaps, book reseller akan mendapatkan benefit seperti diskon khusus bagi reseller penerbit, selain itu kamu juga bisa menjual pada orang yang hobi membaca. Jadi, selain dapat networking sesama pembaca buku, kamu juga dapat menghasilkan uang dari aktivitas jual beli buku tersebut. 


Dengan hobi membaca buku, kamu bisa memberikan rekomendasi buku best seller yang banyak dicari pembeli. Selain itu, kamu bisa memaksimalkan penjualan dengan memilih buku yang akan kamu jual. Jadi nggak sembarangan miih judul yang mau dijual ya, tapi pilih yang memang sedang ngehype dibahas di fanbase maupun masuk list top 10 di toko buku Gramedia. 




Book Reseller bisa mendapatkan uang dengan menjual melalui aplikasi Tiktok Shop, Shopee, dan Tokopedia yang sering memberikan kemudahan dalam menjual. Apalagi jika melalui promo tanggal kembar, seperti tanggal 4.4 kemarin, penjual buku alias book reseller akan mendapat banyak pesanan buku di event tersebut. 




Nah, kalau kamu gimana, pernah coba yang mana nih? Menghasilkan uang dari hobi baca buku ternyata bisa ya. Mau dong dapetin keuntungan ini? Selamat mencoba ya!


Postingan ini diikutsertakan dalam BPN Challenge 2022 Hari ke-17


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.